Cara Mengatasi Rasa Malu atau Kurang Percaya Diri Pada saat Tampil di Muka Umum

            Seperti, yang kita ketahui, malu atau bisa dibilang gugup, grogi atau minder pasti menyiksa banyak orang yang kurang percaya diri, atau kurang pengalaman.
            Biasanya orang yang seperti ini.  Pada saat kanak-kanak, dia lebih memilih main di rumah atau main sendiri, jarang main di luar.  Zaman sekarang seperti ini banyak barang elektronik yang canggih membuat seseorang bermain HP dan tidak ingin konsentrasi nya tergangu.
           
Dari pada menghilangkan rasa gugup atau mengatasi rasa gugup tersebut, lebih efektif
membiasakan diri tampil di muka umum.  Itu yang di jelaskan oleh Kousaka Honoka (Anime Love Live). à
            Mungkin cara tersebut terlalu susah untuk di praktekan.  Ini ada beberapa tips yang saya rangkum dari informasi dan pengalaman sendiri :
1.     Setidak nya Menguasai materi yang akan disampaikan
Jika kalian belum menguasai materi, itu akan menyusahkan kalian sendiri, kalian pasti akan berbicara yang aneh bankan kita sendiri gak ngerti apa yang kita bicarakan. Dan lebih parah lagi para penonton akan gak paham apa yang akan kalian bicarakan.
2.    Menghayal
Menghayal yang dimaksud adalah memikirkan kalau penonton adalah benda mati atau bahkan tidak ada yang melihat anda.  Misalnya kalian sering ke perpustakaan atau toko buku, bayangkan kalau penonton adalah sebuah buku-buku tersebut.
3.    Melihat
Jika kalian takut melihat mata para penonton, kalian bisa melihat dagu atau dahi penonton, bisa juga melihat benda yang berada di belakang para peserta.  Jika kalian masih tegang, cari atau pikirkan hal-hal yang lucu. Misalnya muka orang itu aneh, mulut orang itu monyong.  Tapi hati-hati, jika kalian kehilangan konsentrasi, kalian akan mengucapkan kalimat tesebut dan membuat orang itu tersinggung
4.    Buatlah Sebuah Soal Untuk Sebuah Presentasi
Sebelum presentasi atau pidato, kalau sempat buatlah sebuah soal dan jawaban dari materi yang kamu sampaikan untuk membantu mu menjawab soal yang akan diberikan oleh para juri atau penonton yang belum paham dengan jawaban yang bagus dan jelas.  Kamu bisa meminta tolong dari orang terdekat, misalnya teman, sahabat, atau orang tua.
5.    Berlatih
Jika ingin cepat bisa harus sering latihan dan semangat, jangan hanya omong doang.  Kalian bisa berlatih bersama teman mencoba promosi di jalan raya atau di depan umum.
Atau kalian bisa berlatih di depan kaca.  Coba kalian berdiri di depan kaca di sebuah ruangan.  Usahakan kaca nya cukup besar untuk setengah dari tubuh kamu terlihat.  Kemudian berbicara dan tunjukan ekpresi penuh intonasi sesuai apa yang kamu ingin bicarakan.  Jika kamu malu di depan bayangan sendiri, bagaimana di depan banyak orang.
6.    Merubah Pola Pikir Alam Bawah Sadar
Jika orang lain menyukai penampilan kamu, tapi kamu tidak menyukai penampilan kamu sendiri.  Susah buat anda percaya diri di depan umum. Contohnya : Jika kamu punya baju yang menurut mu bagus, tapi menurut orang lain itu tidak bagus.  Kamu pasti akan biasa-biasa saja dengan apa yang kamu pakai.
7.    Berdoalah
Meminta kepada Tuhan juga penting untuk membantu kamu percaya diri.  Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, kalau kita meminta doa-Nya dan berusaha
8.    Jangan Putus Asa
Keputusasaan  adalah musuh besar bagi percaya diri.  Jika seseorang berputus asa, itu akan meghambat untuk mengoptimaklan potensi diri.  Butuh perjuangan hebat untuk memulainya.  Dan itu membutuhkan waktu, tidak dapat membangun kepercayaan diri hanya semalam atau terapi hipnoterapi dan juga Hipnotis dari pesulap.
Dengan berlatih keras dan tetap semangat, kamu akan selangkah lebih percaya diri dari sebelum kamu berlatih. Insya Allah, kamu akan menjadi percaya diri.

banner
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.: