Tokoh Berpengaruh Ke-98 Pablo Picasso (1881 - 1973)




Seorang Pelukis sering sekali menanyakan sesuatu yang umum di bidangnya sendiri, yaitu Apa sih tujuan  Seni itu dibuat? Apa tanpa seni manusia bisa dijadikan bingkai? Tetapi sejak ditemukanya peneuan Fotografi, masalnya dapat lebih jelas. Tujuan pelukis bukan sekedar menjiplak pemandangan alam begitu saja. Sepintar-pintar nya pelukis seperti apa pun tidak bakalan bisa menandingin gambar dari foto camera. Karena itu, lebih dari seabad banyak sekali percobaan yang sudah dirilis orang untuk menegaskan fungsi dan daya jangkau suatu lukisan. Dalam gerakain orang yang berani ini, paling inovatif melepaskan diri jauh-jauh dari apa yang seni itu dapatkan dan dengan sendirinya tokoh yang paling berpengaruh adalah Pablo Picasso.


Gaya seni dan lukisan milik Picasso dikagumi karena imajinasina, vitalitasnya dan kepekaanya terhadap dunia luar lah yang begitu berbeda dari yang lain. Picasso merupakan tokoh sentral dalam perkembangan ”Kubisme,” dan dia juga terkenal karena kepintarannya serta kemampuan tekniknya.
Dia dikenal dan diakui sebagai tokoh utama dalam seni Modern dan salah seorang yang paling suka kepada hal-hal baru dari semua seniman di sepanjang zaman.

Picasso punya kemampuan seumpama dalam hal lukisan gambar realistis. Bila dia merasa perlu untuk mengambar hal aneh, ia lebih memilih mengacak-acak serta mengubah-ubah wajah suatu obyek. Pernah suatu waktu ia berkata “Bila ku mau melukis cankir, akan kutunjukkan padamu bahwa bentuknya bundar, tetapi itu sesuatu iramaumum dan konstruksi lukisan memaksa ku untuk menunjukkan bahwa yang namaya bundar itu sebagai suatu yang persegi.
           

Pablo Ruiz Y. Picasso lahir pada tahun 1881 di kota Malaga, Spanyol. Ayahnya merupakan seniman dan seorang guru kesenian. Bakat Pablo muncul di usiauda dan dia sudah menjadi pelukisan terkenal pada umur belasan tahun. Tahun 1904 dia menetap di Paris dan tinggal di Perancis.

 \



Picasso merupakan seorang senimman yang teramat produktif. Selama hidupna ia merupakan seniman yang luar biasa terkenal sepanjang abad yaitu sekitar tiga perempat abad dia sudah menciptakan lebih dari 20.000 (dua puluh ribu) hasil seni yang terpisah satu sama lain, rata-rata lebih dari 5 karya dalam seminggu yang berlangsung selama 75 tahun ia diciptakan. Sebagian terbesar dari waktu itu, karnya selaluberdiri paling epan dalam hal harga tinggi, karena itu Picasso menjadi orang yang amat kaya raya. Dia meninggal dunia di kota Moungins, Perancis pada tahun 1973.

Saat itu Picasso dikenal sebagai seorang seniman serba bisa tidak ada bandingannya. Sebutan utamanya seorang pelukis, dia juga banyak melakukan karya pahat. Tambahan ia juga melakukan pekerjaan sebagai perancang panggung ballet, berkumpul dengan seni bikin pot, meninggalkan sejumlah karya besar Lithografi, serta lukisan yang melalui ggaris-garis dengan menggunakan pensil atau kapur tulis dari banyak cabang seni lainnya.

Picasso juga tertarik dengan masalah politik. Lukisan yang dibuatnya “Guernica”  yang dibuat tahun 1937 diperingatin sebagai kejadian dalam perang saudara Spanyol. Beberapa hasil karya lainnya pun punya arti penting dalam bidang politik.

Biasanya seniman mempunyai satu macam gaya dasar melukis, begitu juga dengan Picasso. Dia menampilkan ruang luas dari berbagai gaya yang menakjubkan. Kritik-kritikan dari seniman pun memberi julukan karya nya seperti Periode Biru, Periode Merah Muda, Periode Neo-klasik dan sebagainya. Dia merupakan salah satu julukan “Kubisme.” Dia terkadang ikut serta menentang perkembangan-perkembangan baru dalam dunia sen melukis modern. Mungkin tidak ada pelukis dalam sejarah yang sanggup  melakukan karya dengan kualitas yang begitu tinggi dengan berbagai gaya dan cara teknik yang dikuasai selain dia.

Tidak semua aliran seni punya pengaruh berjangka panjang. Meskipun Picasso disanjung-sanjung di bada ke-20, dan perlu diyanyakan apakah di abad-abad ke depan kelak penyanjungannya masih bisa terjadi ataukah pengaruhnya akan segera musnah dengan waktu yang tak lama lagi dikarenakan di tahun 2019 ini saja sudah muncul dunia Virtual, dan camera dengan tingkat kualitas Ultra-HD atau kalian sering dengar kualitas 4K. Karya lukisan sendiri sebenaryna sudah dikalahkan oleh tingkat camera, video yang didapatkan atau bisa digambarkan dari sebuah elektronik. Sudah jelas tidak ada jaminan yang meyakinkan untuk jawaban ini. Tetapi kesepakatan dari para kritikus seni kontemporer mengatakan bahwa pengaruh Picasso akan tetap punya bobot penting di masa-masa mendatang. Walaupun jelas kita tidak bisa memastikan kelanjutan dari bobot penting Pablo Picasso spert bisa kita laukan terhadap seniman-senimanyang sudah teruji oleh waktu.
banner
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.: