Zaman Tanda dan Isyarat




Zaman ini merupakan yang paling awal dalam sejarah perkembangan manusia dan muncul jauh sebelum nenek moyang manusia dapat berjalan tegak. Dalam berkomunikasi satu sama lain, peran insting meskipun masih sangat rendah sangatlah penting. Proses komunikasi manusia lebih berdasarkan instin dan rasionya.
Itu semua terjadi karena kemampuan kapasitas otak manusia masih sangat terbatas. Perkembangan otak mereka juga sangat lambat. Oleh karena tu, zaman ini berjalan dalam ribuan tahun sebelum digunakannya gerak isyarat. 


Bunyi-bunyian dan tanda jenis lain dalam komunikasi. Dengan kata lain sebenarnya manusia itu sudah menggucapkan "Ucapan" dalam berkomunikasi. Akan tetapi proses komunikasi yang dimaksud bukan seperti yang dilakukan manusia saat ini.

Penggunaan tanda dan isyarat itu tidak berarti bahwa manusia pada zaman tersebut tidak dapat berkomunikasi. Gerak isyarat dan tanda itu dalam komunikasi dikenal dengan komunikasi non-verbal. Hal ini tetap bisa dikatakan berkomunikasi meskipun dngan "Bahasa" dan kemampuannya sendiri. Ringkasnya, mereka mengadakan komunikasi dengan sederhana sekali.

Philip Liberman (1984) Pernah mengatakan bahwa para ahli Paleoantropologi menemukan bukti bahwa uuran tengkorak pajang lidah, dan jaringan yang lain pada manusia menunjukkan pada kita letak pangkal tenggorokan dan kotak suara. Menurut para ahli tersebut dilihat dari beberapa alat tubuh, dapat disimpulkan bahwa manusia zaman dahulu kala tidak dapat berbicara seperti manusia sekarang. dengan kata lalin, mereka tidak bisa berbicara, karena tidak mempunya kecukupan alat-alat untuk melakukan itu (Seperti yang dimiliki manusia saat ini). 

Hal ini disebabkan struktur Neurologis dan Anatominya tidak mencukupi untuk melakukan hal itu. Sehingga perkembangan zaman dan alam yang akhirnya merubah kehidupan manusia tersebut, baik perubahan dalam bentuk fisik maupun perubahan pada kemampuan berpikir dan berkomunikasi

Lebih dari beribu-ribu tahun lamanya, pola komunikasi tidak hanya digunakan tetapi juga mengalami penyempurnaan dari waktu ke waktu, tentunya sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. meskipun ada perkembangan dalam proses komunikasi, proses itu belum mengarah pad apenggunaan bahasa atau percakapan sebagai alat komuniasi yang bisa dilakukan manusia dewasa ini. perkembangan penting komunikasi dalam era ini adalah digunakannya bahasa tanda dan isyarat sebagai alat komunikasi. munculnya tanda dan isyarat sebagai alat komunikasi berasal dari penyempurnaan penggunaan suara seperti gerakan, tangisan, dan jeritan yang dapat dikenal sebagai alat komunikasi.

Referensi :
http://silontong.com
http://zamrishabib.wordpress.com
http://chrezsoft.blogspot.com
https://smpnduakartasura.wordpress.com
banner
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.: